vier socialen_rufa united

Permasalahan Pendidikan

Posted by : runinick



1. Tantangan Kecenderungan Global
    Di Indonesia dalam sektor pendidikan telah membuahkan banyak hasil yang membesarkan hati walaupun banyak masalah-masalah yang muncul akibat keberhasilan yang dicapai itu.
Garis Besar Haluan Nasional (GBHN), repelita IV secara explisit, menyatakan bahwa tujuan Pembangunan Nasional Jangka Panjang Tahap Pertama (PJP 1) terbukti telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, dibalik kesuksesan peningkatan indikator kualitatif tersebut, dilontarkan berbagai kritik baik yang dikaitkan dengan masalah pendidikan itu sendiri maupun keterkaitanya dengan masalah lain.
Pada abad yang penuh tantangan ini, dunia akan ditandai dengan beberapa perubahan penting dalam berbagai bidang kehidupan. Telah diketahui bahwa perubahan masyarakat pertanian ke masyarakat industri dan selanjutnya ke masyarakat informasi. Akibat dari perkembangan teknologi tersebut pada giliranya akan diikuti perubahan dalam struktur pelapisan sosial sebagai akibat dari perkembangan dalam bidang profesi yang merupakan salah satu dari ciri masyarakat modern. (Tilaar 1991 : 18). Tilaar (1991) mengemukakan bahwa tingkat partisipasi untuk pendidikan menengah dan pendidikan tinggi di negara maju pada saat tinggal landas mencapai 30 persen. Sedangkan di negara berkembang yang bukan negara industri berkisar angka partisipasinya 15 persen. Pada masa sebelum tinggal landas, rata-rata tingkat melek huruf baru menunjukan angka lebih kecil dibanding dengan negara berkembang.
Kesulitan yang paling mendasar yang menjadi landasan perjuangan negara industri baru (Korea, Thailand, Malaysia, Taiwan) sehubungan dengan derasnya arus informasi dan pengaruh globalisasi, ialah proses penentuan masa depan masyarakatnya, landasan kepribadiannya, serta cara hidup (etos kerja) yang sesuai dengan landasan idiologinya.

2. Tantangan Kecenderungan Nasional
Indonesia akan mengalami perubahan yang sangat mendasar dalam berbagai bidang kehidupan. Pertumbuhan penduduk yang relatif masih tinggi ini masih akan menjadi beban yang menimbulkan hambatan dalm pertumbuhan ekonomi.
Pergeseran susunan umur penduduk Indonesia yang hanya memerlukan waktu sekitar 25-30 tahun mendorong penyesuaian sasaran strategis. Penduduk kelompok usia 13-18 tahun akan terus membengkak dan arah pembangunan perlu ditujukan untuk memenuhi desakan kebutuhan penduduk, usia tersebut. Pembangunan sarana pendidikan lanjutan tingkat pertama sejak awal pembangunan jangka panjang kedua, seperti gedung sekolah, penyediaan guru (D1, D2, D3, dan S1), dan fasilitas pendidikan lainnya, merupakan hal yang mendesak untuk ditanggulangi. Dengan demikian, arah pembangunan pendidikan akan segera bergeser dari perluasan pendidikan dasar menjadi lanjutan pendidikan pada awal kurun waktu, dan akan mulai bergeser ke pendidikan tinggi pada kurun waktu akhir pembangunan jangka panjang kedua.
Pengalaman dalam melakukan pembangunan jangka panjang kedua selama ini membuktikan bahwa stabilitas nasional itu masih tetap merupakan prasyarat mutlak untuk melaksanakan demokrasi pendidikan.

3. Jenis-jenis Permasalahan Pokok Pendidikan
a. Kualitas Pendidikan
Pada Pembangunan Jangka Panjang Tahap II ini pendidikan menjadi sasaran utama dan pertama untuk mendukung keberhasilan pembangunan. Kualitas pendidikan yang mampu menyumbang nilai tambah, sehingga mampu memacu pertumbuhan ekonomi. Beberapa indikator dapat digunakan sebagai rambu-rambu untuk mengukur kualitas pendidikan kita, yaitu meliputi :
1) Mutu guru yang masih rendah ada semua jenjang pendidikan
2) Fasilitas belajar yang belum memadai
3) Tidak meratanya kualitas lulusan yang dihasilkan untuk semua jenjang pendidikan
Hal ini memang tergantung pada besarnya dukungan anggaran yang diperuntukan bagi pendidikan per unit maupun alokasi dana bagi pendidikan dan APBN yang ada.
Dengan demikian jika kualitas pendidikan ingin ditingkatkan, dukungan anggaran masih perlu ditingkatkan, disamping perlu berupaya untuk meningkatkan efisiensi pendidikan dan sekaligus mengejar efisiensi ekstemalnya.
b. Relevansi Pendidikan
Relevansi pendidikan atau efisiensi eksternal suatu sistem itu dalam memasok tenaga-tenaga kerja terampil dalam jumlah yang memadai bagi kebutuhan sektor-sektor pembangunan.
Wardiman Djojonegoro menyatakan bahwa dunia penddidikan di Indonesia sampai sekarang masih mengalami krisis yang berkisar pada relevansi pendidikan dan mutu pendidikan. Menurut Riwanto (1993) masalah tidak relevannya pendidikan kita bukan hanya disebabkan oleh adanya kesenjangan antara “supply” sistem pendidikan dan “demand” tenaga yang dibutuhkan oleh berbagai sektor ekonomi, tetapi disebabkan oleh ketidaksesuaian isi kurikulum sisitem pendidikan kita diberbagai jenjang pendidikan dengan perkembangan diferensiasi lapangan pekerjaan di dunia usaha dan perkembangan iptek.
c. Elitisme
Yang dimaksud elitisme dalam pendidikan ialah kecenderungan penyelenggaran pendidikan oleh pemerintah menguntungkan kelompok mesyarakat yang kecil atau yang justru mampu ditinjau dari segi ekonomi.
d. Managemen Pendidikan
Dalam kajian ekonomi pendidikan dapat dipandang sebagai suatu ilustri, sebagai suatu industri pengembangan sumber daya manusia pendidikan harus dikelola secara profesional. Tetapi lembaga pendidikan kita dibentuk berdasarkan fungsi dan peranan pendidikan yang sudah ketinggalan jaman. Sebagaimana dengan kebanyakan lembaga-lembaga sosial ; uang, lembaga-lembaga itu tidak dapat lagi mengikuti secepatnya laju pembangunan.
e. Pemerataan Pendidikan
Pada awal Repelita I Indonesia pernah mendapat gelar karena melonjaknya harga minyak bumi. Melalui Inpres pemerintah telah meningkatkan mutu bangsa, salah satu mutu bangsa adalah dengan ditandainya tingkat partisipasi pendidikan dasar, sekaran di Indonesia angka partisipasi untuk sekolah dasar sudah hampir mencapai 100%.
Namun perencanaan pendidikan di Indonesia dewasa ini belum mengarah kepada kebutuhan lapangan kerja, apalagi mengantisipasi pemenuhan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam dunia industri di masa mendatang.


Sumber : Munib, Achmad. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Mei 20, 2013

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2013 r'assofestro | vier socialen | Designed by runinick